Hat-trick Aubameyang mewarnai pesta gol ke gawang Benfica sekaligus memastikan langkah Dortmund ke babak perempat-final.

OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter
Borussia Dortmund sukses memetik kemenangan telak 4-0 dalam duel leg kedua babak 16 besar Liga Champions saat menjamu Benfica di Signal Iduna Park, Kamis (9/3) dini hari WIB. Hasil tersebut mengantarkan Dortmund lolos ke perempat-final dengan keunggulan agregat 4-1.
Dortmund langsung berusaha mengejar ketertinggalan satu gol agregat dan mendapatkan momentum positif saat laga baru berjalan empat menit. Pierre-Emerick Aubameyang yang berdiri di tiang jauh membobol gawang Benfica setelah meneruskan sundulan Christian Pulisic.
Benfica berusaha keluar dari tekanan awal dan memberikan perlawanan sengit. Menit ke-24, Franco Cervi berada di dalam kotak penalti Dortmund dan tanpa kawalan namun sayang tembakan kaki kanannya lemah dan mudah diamankan Roman Burki.
Peluang lain bagi Benfica untuk membuat kedudukan di laga ini menjadi imbang datang pada menit ke-32. Berawal dari tendangan bebas, sundulan Luisao yang meneruskan umpan Pizzi mengarah langsung ke gawang Dortmund yang memaksa Burki melakukan penyelamatan.
Keunggulan Dortmund bertahan hingga turun minum dan konsisten melncarkan tekanan di awal babak kedua. Setelah menepis tembakan jarak dekat Aubameyang, gawang Ederson bobol kedua kalinya pada menit ke-59 lewat tendangan chip Christian Pulisic yang memanfaatkan terobosan Lukasz Piszczek.
Belum genap dua menit selepas merayakan gol Pulisic, anak asuh Thomas Tuchel kembali bersorak kala merayakan gol ketiga mereka. Marcel Schmelzer yang berdiri bebas di sisi kiri dengan nyaman mengirimkan bola ke tengah dan langsung disambar sontekan Aubameyang.
Tempo permainan dan intensitas serangan Dortmund cenderung menurun kala memasuki sepertiga akhir pertandingan. Sementara Benfica terus mengerahkan segala upaya mereka guna dapat mengubah keadaan dengan salah satunya melakukan sejumlah pergantian pemain.
Menit ke-84, Marc Bartra dengan sundulannya nyaris memperbesar keunggulan Dortmund. Gol keempat benar-benar didapatkan tuan rumah semenit kemudian melalui hat-trick Aubameyang yang menyambar umpan silang Gonzalo Castro. Keunggulan empat gol Dortmund pun bertahan hingga peluit panjang.