Home » » 9 Prestasi Ahok yang Membuat Relawan Teman Ahok Mantap Mendukungnya

9 Prestasi Ahok yang Membuat Relawan Teman Ahok Mantap Mendukungnya

Mungkin kamu melihat di pelbagai media sosial sedang ramai post dengan tagar #HBD50AHOK beberapa waktu yang lalu. Yap! Gubernur kesayangan warga Jakarta ini baru saja berulang tahun yang ke 50. Ahok yang menjabat gubernur sejak 14 November 2014 telah memberikan banyak sekali sumbangsih kepada DKI Jakarta. Pelbagai peraturan beliau keluarkan demi Jakarta yang lebih baik. Bukan hanya peraturan baru, beliau juga menegakkan kembali kebijakan-kebijakan yang ditetapkan para gubernur sebelumnya. 

Ahok yang terkenal dengan gaya bicara yang menggebu-gebu, tidak pernah terlihat gentar dalam membuat keputusan. Meskipun banyak yang kurang setuju dengan gaya kepemimpinannya, nyatanya beliau terus mendapat dukungan dari warga Jakarta. Banyak yang merasa puas terhadap pelbagai perubahan yang dilakukan dan dibawa oleh beliau. Oleh karena itu, sebagian besar orang mengingingkan beliau kembali menjabat sebagai gubernur pada periode jabatan selanjutnya. Orang-orang ini kemudian mendukung Ahok dengan pelbagai cara. Salah satunya dengan membentuk Teman Ahok, wadah bagi para pendukung Ahok. 
Tentu kamu sudah banyak mengetahui prestasi Ahok melalui media massa. Akan tetapi, untuk kamu yang bukan penduduk Jakarta, mungkin kamu perlu tahu tentang beberapa prestasi Ahok yang membuat begitu banyak warga Jakarta yang mencintainya sampai saat ini.

1. Rusunawa Tepat Sasaran


Photo credit: aktual.com
Rumah susun atau rusun memang bukan barang baru bagi warga DKI Jakarta. Rusun pada dasarnya ditujukan bagi warga kurang mampu dengan sistem sewa. Akan tetapi, akibat ketidaktegasan pemerintah sebelumnya, rusunawa kerap dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Izin penghuni rusun yang relatif mudah, membuat banyak orang mendaftar untuk tinggal di rusun. Namun, setelah izin didapat, orang-orang ini akan menjual izin tinggal tersebut kepada orang lain dengan harga yang lebih tinggi. Selain itu, rusunawa juga kerap dijadikan solusi unuk orang-orang berpenghasilan tinggi yang ingin memiliki hunian murah. 
Ketika Ahok mengetahui penyelewengan ini, beliau memperketat peraturan untuk izin tinggal di rusunawa. Bagi yang ingin tinggal di rusunawa, alamat di KTP lama harus diganti dengan alamat rusunawa. Bila syarat ini tidak dipenuhi, maka izin tidak akan keluar. Oleh karena Ahok mengerti betapa sulitnya memiliki rumah di Jakarta, beliau menaikkan batas minimal gaji bagi orang-orang yang ingin tinggal di rusun. Sebelumnya, hanya orang-orang dengan penghasilan di bawah 2,5 juta per bulan yang dapat mengajukan izin sewa rusun. Sekarang, batas maksimal pendapatan penghuni rusun ditingkatkan menjadi 5 juta rupiah. Sehingga, orang-orang dengan penghasilan di bawah 5 juta per bulan diperbolehkan mengajukan izin sewa rusun. 

2. Sungai-Sungai Kembali Asri



Kamu selalu berpikir bahwa sungai Ciliwung identik dengan sungai yang kotor dan jorok. Bahkan, kamu pun ikut menyangsikan keinginan Ahok untuk membuat sungai-sungai di Jakarta bersih bahkan sampai menjadi tempat wisata. Akan tetapi, keinginan Ahok ini bukan lagi khayalan. Lihat saja video di atas. Untuk urusan ini, Ahok tidak berkerja sendiri. Beliau bersama 15.000 orang pasukan oranye menyulap sungai dan jalanan di Jakarta menjadi bersih kinclong. Sekarang, tinggal bagaimana kamu sebagai warga Jakarta turut menjaga kebersihan Jakarta dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

3. Memperbaiki Citra Pegawai Negeri Sipil (PNS)


Photo credit: harianterbit.com
Jujur saja, banyak anak muda yang memandang PNS dengan sebelah mata. Ahok mengubah citra PNS tersebut dengan merombak struktur kepegawaian. Ahok juga membuat kebijakan yang memotivasi kerja PNS. Misalnya penambahan gaji PNS di pelbagai tingkatan. Tapi, tahukah kamu bahwa ini merupakan strategi Ahok?
"Mungkin (pejabat) senior yang biasa curi anggaran enggak puas dengan gaji ini. Tapi (PNS) junior yang bawah merasakan gaji seperti ini akan senang. Asal kerjanya bagus dan berani melaporkan pimpinannya kalau enggak benar. Makanya kami sengaja mau kasih gaji ini ke orang yang merasa gaji segitu cukup," tutur Ahok. 
Dengan gaji yang lebih tinggi, pegawai PNS akan bekerja lebih giat. Pejabat yang ‘nakal’ juga akan berpikir dua kali untuk menerima sogokan dari pelbagai pihak bila tidak ingin posisinya digantikan oleh orang lain.

4. Jakarta Ramah Anak Muda


Photo credit: Shutterstock
Ahok menyadari bahwa anak muda adalah penggerak bagi kemajuan Jakarta. Beliau mengggandeng anak muda dari pelbagai kalangan untuk menjadikan Jakarta yang lebih baik. Contohnya dalam pembahasan kebijakan Kantong Plastik Berbayar, Ahok menggandeng anak muda dari organisasi lingkungan untuk turut serta menyumbangkan opini dalam isu tersebut. Selain itu, ada juga program Jakarta Smart City. Dalam Melalui program ini, Ahok memantau antusiasme anak muda dan kemudian mengerahkan mereka untuk memberikan masukan secara langsung mengenai aspek-aspek dari Jakarta yang perlu dibenahi. Mungkin kamu pun juga telah berpartisipasi di program-program yang Ahok rancang.

5. Transparasi


Photo credit: temanahok.com
Inilah salah satu keunggulan Ahok daripada gubernur-gubernur sebelumnya, yaitu dalam soal transparasi. Ahok meminta agar DPRD DKI Jakarta lebih transparan dalam penyerapan dana APBD. Beliau juga tak tidak sungkan menunjukkan berkas-berkas pembelian lahan RS Sumber Waras. Beliau juga sering menceritakan pelbagai laporan keuangan pemerintah DKI kepada publik. Hal ini beliau lakukan agar masyarakat turut serta menilai kinerja pemerintah. Dengan demikian, beliau membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

6. Usaha Mengurai Kemacetan


Photo credit: pinterest
Buatmu yang bekerja di Jakarta, kamu sudah sangat maklum dengan kemacetan di Jakarta. Bahkan, Jakarta menduduki peringkat pertama sebagai kota termacet di dunia versi majalah Time edisi 4 Februari 2015. Ahok bukannya menutup mata akan hal ini, justru beliau mengerahkan segala kemampuan untuk mengurangi kemacetan. Beliau membuat aturan kopaja yang terintegrasi dan saat ini sedang membangun MRT. Tidak hanya itu, Ahok juga meninjau beberapa peraturan lalu lintas yang dianggap sudah tidak relevan seperti kebijakan 3 in 1 yang dihapuskan.

7. Kebiasaannya untuk Mendengarkan Masukan Warga


Photo credit: greeners.co
Dibalik ketegasannya, beliau adalah gubernur yang dengan sabar mendengarkan setiap keluhan dari warga Jakarta. Aplikasi Qlue! dan Lapor! Memudahkan warga Jakarta untuk menyampaikan berbagai keluhan kepada pemerintah daerah. Tak puas dengan melapor melalui aplikasi? Ahok juga mengizinkan warga untuk langsung melapor padanya. Bahkan di hari ulang tahunnya, saat relawan Teman Ahok menyanyikan lagu ulang tahun untuknya, Ahok mengizinkan tiga orang ibu-ibu menyampaikan keluhan dan keinginannya.

8. Menangkal Segala Tuduhan Rasial


Photo credit: harianterbit.com
Semua prestasinya itu tidak membuatnya tidak memiliki musuh. Banyak orang yang tidak menyukai cara kepemimpinan Ahok. Banyak orang menolak Ahok sebagai gubernur lantaran dirinya merupakan keturunan Tionghoa dan beragama Kristen. Akan tetapi, Ahok menangkal semua tuduhan rasial yang dilontarkan kepadanya dengan cara merangkul semua warga DKI Jakarta tanpa memandang suku dan agama. Beberapa waktu lalu, Ahok bahkan memberangkatkan 30 orang penjaga masjid untuk melakukan umrah.

9. Loyalitasnya pada Teman Ahok


Photo credit: temanahok.com
Meski sekarang Ahok mendapat dukungan dari pelbagai partai politik besar, Ahok tetap setia pada Teman Ahok. Beliau mengungkapkan bila hasil pengumpulan KTP yang dilakukan Teman Ahok tidak dapat membawanya mencalonkan diri di pemilihan gubernur, maka beliau tidak akan mencalonkan diri. Beliau sangat menghargai usaha Teman Ahok sehingga beliau akan tetap setia di jalur independen.

Ahok memiliki banyak pendukung yang menginginkannya kembali menjabat sebagai gubernur. Dukungan ini bukan instan didapatnya. Beliau membangun kepercayaan masyarakat terhadapnya melalui kinerja yang nyata. Tak heran, Teman Ahok mampu mengumpulkan satu juta KTP demi maju ke Pemilu. Akan tetapi, terlepas dari Ahok atau bukan, kamu sebagai warga Jakarta harus tetap mendukung kebijakan yang akan membawa Jakarta menjadi lebih baik. Jakarta nyaman adalah impian semua orang
Saya bukan pendukung siapa2 dan saya tidak akan menyanggah data2 yang anda kemukakan. Saya tidak perduli program diatas dibuat siapa atau pencetusnya siapa tetapi FAKTAnya kenapa saya rasakan perubahan di era pemerintahan yang sekarang? kalau anda bilang program ini dbikin si A program itu dibuat si B so what? yang penting jalan ga? saya lebih menghargai yang kerja daripada cuman buat wacana. buat apa wacana tapi tidak ada monitoring, proyek mangkrak ditengah2 gara2 dana digerogotin maling tapi..sepertinya anda keracunan data fakta tanpa melihat realita

PTSP, KJS, KJP, Tanahabang, Waduk pluit, Mesjid Balaikota, Jumlah relokasi, Rusun, pelatihan, Transjakarta Scania, Sampah bantargebang,LRT jalan, MRT jalan, kalijodo, stadium, skatepark, PRTPA, ruang terbuka, ganjil genap, Qlue, e-budgeting, pangkas dana siluman, PNS gajibuta. bahkan yang terbaru Ahok Resmikan Makam Mbah Priok Jadi Cagar Budaya

ga usah adu data fakta copascopas dari media online juga orang udah pada ngelihat hasil kerjanya bung. adanya 1 Juta KTP itu buktinya, adanya teman ahok itu buktinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Histats